Sabtu, 24 Sep 2022
  • Pesantren Pondok Quran sedang membuka pendaftaran santri baru. Yuk daftar!

Doa Ibrahim

Doa Ibrahim

Ritual Umroh dan Haji merupakan contoh dan karya monumental dari seorang hamba Allah yang bernama Ibrohim atas petunjuk Alloh.

Allah kekalkan langkah dan kebaikannya. Semua ummat islam hadir dari berbagai penjuru dengan berbagai budaya, tampilan dan latar belakang yg bermacam-hadir.

Semua hadir dan menyembah Alloh di tempat yang dulu beliau rintis. Dari sejak tidak ada kehidupan di atas nya. Hari ini semua berbagai kebaikan ada di dalamnya. Negara yang aman sehingga ummat islam bisa nyaman dan tenang menyembang dan mengagungkab Tuhannya. Buah-buahan yang melimpah.

Tidak ada di belahan dunia manapun yang tempat dan bangunannya selalu ramai 7×24 jam dalam sepekan kecuali tempat yang dibangun Ibrahim ini.

Tidak bisa dibayangkan berapa besar pahala dan kebaikan yang bisa di raih Ibrahim sang Kholilulloh atas Amal Jariyahnya.

Sungguh, ritual umroh ini salah sarunya mengajarkan pada kita untuk berusaha membuat karya yang hasilnya bisa dipetik bahkan saat sudah tidak bisa berkarya lagi.

Kita perlu membuat sebuah karya yang seperti itu. Mengalir dan berkembang semakin deras sampai saat kita di dalam kubur sekalipun. Apapun bentuk dan model dari karya itu. Yang manfaatnya bisa terus dirasakan oleh manusia setelah kita dan mendekatkan mereka pada Tuglhannya.

Ada satu hal menjadi faktor kekalnya karya Nabi Ibrohim yaitu doa setip setelah melaksanakan karyanya. Seperti tertera dalam surat alBaqoroh 127-128.

(وَإِذۡ یَرۡفَعُ إِبۡرَ ٰ⁠هِـۧمُ ٱلۡقَوَاعِدَ مِنَ ٱلۡبَیۡتِ وَإِسۡمَـٰعِیلُ رَبَّنَا تَقَبَّلۡ مِنَّاۤۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلسَّمِیعُ ٱلۡعَلِیمُ ۝ رَبَّنَا وَٱجۡعَلۡنَا مُسۡلِمَیۡنِ لَكَ وَمِن ذُرِّیَّتِنَاۤ أُمَّةࣰ مُّسۡلِمَةࣰ لَّكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبۡ عَلَیۡنَاۤۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلتَّوَّابُ ٱلرَّحِیمُ)

Dan (ingatlah) ketika Ibrahim meninggikan pondasi Baitullah bersama Ismail, (seraya berdoa), “Ya Tuhan kami, terimalah (amal) dari kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui. Ya Tuhan kami, jadikanlah kami orang yang berserah diri kepada-Mu, dan anak cucu kami (juga) umat yang berserah diri kepada-Mu dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara melakukan ibadah (haji) kami, dan terimalah tobat kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Penerima tobat, Maha Penyayang. [Surat Al-Baqarah 127 – 128]

Pastinya dalam setiap karya kita, jika dilaksanakan dengan niat ikhlas dan mengikuti petunjuknya pasti akan jadi kebaikan, maka kita meminta kepada Alloh agar menerima kebaikan tersebut dan dicatat sebagai Amal sholeh.

Namun tentunya akan banyak kekurangan dan kekeliruan dalam melaksanakan, maka kita perlu meminta kepada Alloh agar mengampuninya dan membersihkan dari karya kita, maka kita bertaubat dan meminta ampunan atas kekurangan tersebut.

Mari, sambil kita terus berkarya dan berkarya kita luruskan niat, maksimalkan ikhtiar juga janganlah lupa untuk berdoa kepada Alloh, salah satunya doa nabi ibrohim ini.

ربنا تقبل منا إنك أنت السميع العليم وتب علينا إنك أنت التواب الرحيم.

Semoga umroh dan amal kita diterima di sisi Alloh dan kesalahan dan kekurangannya diampuni oleh Nya.

 

Solah Abu Hisyam
Ditulis dalam perjalan mekkah madinah
23 Desember 2019


Update Berita Terbaru Pondok Quran :

IG : pondok_quran

FB : Pondok Quran Pusat


Informasi Penerimaan Santri Baru TK,SD,SMP,SMA Pondok Quran

  • 0812-2030-3071

 

penulis
Solahudin Syihab

Tulisan Lainnya

0 Komentar

KELUAR